Entri Populer

Senin, 06 Desember 2010

Install Windows XP dan 7 Dari Flashdisk

Setelah sebelumnya penulis pernah memposting tentang cara membuat “bootable windows xp dari flash disk”,yang di mana fungsinya agar anda dapat menjalankan windows secara live dari flash disk,fungsi utamanya dari  flash disk ini sebenarnya buat mencopy atau backup data2 dari windows anda yang crash,yang di mana anda tidak dapat menjalankan windows demgan normal.

Di topik kali ini,penulis akan berbagi trik,agar anda dapat dapat menginstall windows dari flash disk anda,baik xp maupun windows 7.
Beberapa keuntungan yang penulis rasakan sendiri dengan falshdisk installer ini yaitu:


  • Waktu penginstallan relatif lebih cepat di banding anda menginstall dari cd room,untuk  xp memakan waktu 10-20 menit,untuk  7 memakan waktu 15-25 menit,semuanya tergantung dari kecepatan komputer anda.
  • Umur cd room anda tentunya bisa lebih lama,karena pengunaan yang kurang dari cd room.
  • Gampang di bawa karena sifatnya yang portable dan gampang di kantongi.
Untuk membuat installer flashdisk sendiri,hal-hal yang harus anda persiapkan yaitu:
Langkah-langkah pembuatannya:
  • Masukkan cd  anda ke cd room anda,lalu buat sebuah folder baru di drive anda,mis: D:winxp,lalu copi paste seluruh isi dari cd  anda ke dalam folder yang baru anda buat.
  • Stelah selesai,masukkan kembali cd  7 anda,lalu buat juga sebuah folder baru di drive anda mis:D:win7,lalu copi paste seluruh isi dari cd  7 anda ke dalam folder yang baru anda buat.
  • Siapkan koneksi internet anda,buat mendownload  USB MultiBoot atau anda bisa dapatkan diSINI
  • Setelah selesai anda mendownload,extrac  tersebut dalam sebuah folder baru.
  • Setelah anda extrac,maka akan muncul folder baru dengan nama “USB_MultiBoot_10″,klik folder tersebut,lalu cari file “USB_MultiBoot_10.cmd,setelah anda klik,maka akan muncul jendela DOS,press any key,buat melanjutkan ke wizard berikutnya,setelah itu akan muncul tampilan seperti di bawah ini :
Photobucket
Seperti yang anda lihat,tersedia 3 opsi format bagi anda,penulis tidak akan menjelaskan masing-masing fungsi perintah tersebut,karena semuanya sudah tercantum dengan sangat jelas.
  • Setelah itu colok flash disk yang akan di jadikan FD installer,setelah flash diask anda terbaca oleh,tekan “H”,lalu enter,buat format flash disk anda dengan format file NTFS,setelah proses format selesai,maka akan muncul wizard baru seperti gambar di bawah ini :


Photobucket
  • Setelah itu tekan angka “1″,buat memasukkan source dari  xp anda.lalu pilih folder tempat anda tadi menyimpan copyan XP anda,mis:  “D:winxp”.
  • Lalu tekan angka “2″,buat memilih drive USB flash disk anda.
  • Setelah itu silahkan pilih “V”,buat memasukkan source dari  7 anda,lalu pilih folder tempat anda tadi mencopykan  7 anda,mis: D:win7.
  • Setelah itu tekan angka “3″,buat mulai membuat installer flash disk anda,dalam proses pembuatan tersebut,nantinya akan muncul wizard2 baru,buat parameter  anda nantinya,semuanya biarkan saja secara “default”,kecuali waktu wizard buat pengisian serial number  xp anda,isikan sesuai dengan versi  xp anda.
Setelah semuanya selesai,kini anda sudah memiliki flash disk installer,buat menginstall  xp dan 7 dari flash disk anda.
  • Sebelum menginstall,waktu booting tekan F2,lalu setting booting dari USB,agar penginstallan dapat berjalan,setelah itu restart kembali.
  • Sepengetahuan penulis,pembuatan installer flash disk mengunakan  USB booting ini,hanya dapat berjalan di  xp,karena dari beberapa kali percobaan yang penulis lakukan di  7,pembuatan flash disk ini selalu gagal. Bagi teman2 yang sudah pernah mencoba membuat melalui  7 dan berhasil,silahkan sharing melalui kolom komentar di bawah ini.
Selamat mencoba,bagi anda yang menemui kesulitan silahkan tanyakan melalui kolom komentar…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar